MENGHILANGKAN NODA PADA PAKAIAN

1. Noda kunyit

Susah deh kalau kita makan yang berkuah trus tumpah atau keciprat di baju, apalagi kalau kuahnya pake kunyit seperti gulai atau opor karena biasanya susah ngilanginnya.

Kalau kena nodanya baru saja maka cepat-cepat digosok dengan sabun lalu jemur hingga kering barulah dicuci lagi sampe bersih.  Kalau nodanya sudah lama melekat maka olesi bagian yang kena noda dengan air kapur sirih lalu jemur hingga kering baru dicuci sampe bersih.  Mungkin noda kunyit tak sekaligus hilang dan masih kelihatan samar-samar, maka pencucian dapat diulang dengan cara yang sama sampai benar-benar bersih.  Selamat mencoba.

2.  Noda minyak

Cuci baju yang terkena noda minyak dengan sampo.  Kemudian bilas dengan air biasa.  Dalam sekejap noda minyak akan sirna.

3.   Noda lemak

Letakkan kain jelek di atas pakaian yang terkena noda lemak kemudian disetrika.  Selanjutnya cepet-cepat dicuci dengan air panas dan disabun.

4.   Noda tinta

Pakaian yang terkena tinta dibasahi dengan air terlebih dulu.  Kemudian gosok dengan jeruk nipis dan kapur sirih (jawa=injet).  Selanjutnya dicuci dengan air hangat dan sabun.

5.   Noda jamur

Noda jamur pada pakaian (jawa=endok kremak) dapat dihilangkan dengan menggunakan larutan cuka.  Gosok pada bagian berjamur dengan larutan tersebut, diulang beberapa kali.  Setelah itu direndam dengan air panas bersabun dan cuci seperti biasa.

6.     Noda  pada  CD

Susah nyebutinnya karena aku sendiri tidak tahu namanya apa.  Yang pasti biasanya ini dialami kaum cewek, mungkin karena kegiatan yang aktif atau memang sudah dari sononya gitu.  rendam/basahi dulu CD bernoda setelah itu gosok atau olesi bagian yang bernoda/vlek dengan sisa sabun mandi yang sudah kecil lalu dicuci/kucek seperti biasa.  Bisa sih pakai sabun mandi yang masih dipakai tapi kan sayang lagian boros, mending pakai sisa sabun mandi yang sudah kecil biar gak terbuang percuma.  Selain untuk CD, dengan cara yang sama sisa sabun mandi juga bisa untuk menghilangkan  noda membandel pada kerah baju.

About these ads

9 Tanggapan so far »

  1. 1

    Sara said,

    Thx tipsnya..
    Mw tanya, itu yg noda jamur pd pakaian, rendamnya brp lama ya? N takaran airnya brp liter? Coz kl klamaan katanya bisa bikin pakaiannya rusak.. Thx.

  2. 2

    sumbertips said,

    iya bener,maksimal 1 jam aja merendamnya karena air panas akan membuat pelepasan partikel kotoran dapat lebih singkat, air yang dipakai 1 gayung aja

  3. 3

    devya triyana said,

    thks info nya….

  4. 4

    Chintya said,

    Tipsnya berguna bgt ni..
    tapi ada masalah baru ni, gimana caranya menghilangkan noda bekas alteco di baju?
    Ada saran ga?
    Tnx ya..

  5. 5

    jeffry hartono said,

    noda jamur itu bisa hilang berapa persen, kapan hari saya juga nyoba rendam 24 jam pakai air setengah ember dan cuka, lalu dilanjut pakai air panas 12 jam. Noda jamur masih tetap ada.
    Apakah anda sudah mencoba sendiri?

  6. 6

    Sekedar Menaggapi: Ada beberapa hal yang kurang spesifik penjelasannya, dan jika berkenan saya ingin menambahi.
    Contoh untuk Noda Kopi,Saus,dll yang menggunakan PEMUTIH/BLEACH….Jika Noda tersebut pada pakaian/linen berwarna dasar PUTIH, saya setuju, tetapi jika Pakaian berwarna akan menyebabkan kerusakan warna, menjadi PUTIH…Sharing untuk lebih detailnya mengenai Tips Menghilangkan Noda pada Pakaian dapat dilihat di DETERJEN INDONESIA

  7. 7

    feli said,

    kalu noda oli/gomok rantai sepeda motor, yang lengket di pakaian gmn cara ngilanginny y..trims..

  8. 8

    Agrizt said,

    kalau cara nGilangin bekas coretan bolpoint Gimana ???

  9. 9

    Ipeins said,

    Oke banget…Tipsnya


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: