Tips merawat rambut

Rambut adalah mahkota, itu adalah ungkapan yang klise tapi memang kenyataannya begitu.  Pusing juga bila rambut yang sehat dan tergerai indah tiba-tiba bermasalah seperti berketombe, rontok dan sebagainya.  Berikut ini beberapa tips merawat rambut secara sederhana tanpa harus keluar uang banyak untuk pergi ke salon, yang penting adalah kesabaran dan ketelatenan.

KONDISIONER

Dengan daun waru

Cucilah beberapa lembar daun waru, remas-remas dengan sedikit air sampai halus. Setelah disaring usapkan secara merata pada rambut yang sudah dikeramasi sebelumnya. Biarkan beberapa menit, hasilnya akan terasa setelah kering.

Dengan kulit semangka

Setelah makan buah semangka, jangan buang kulitnya.  Gosokkan  daging kulit semangka (bagian yang putih setelah dagingnya yang merah habis kamu makan) pada kulit kepala.  Lakukan seminggu sekali, sehari sebelum keramas.

CEGAH UBAN

Dengan putih telur

Sediakan putih telur ayam kampung tiga butir, air bersih 1/2 gelas dan garam halus 1/2 sendok teh.  Putih telur dicampur dengan air dan diaduk sampai rata.  Masukkan garam halus juga diaduk.  Larutan ini diusapkan pada kulit kepala sampai rata sambil dipijit-pijit.  Biarkan 2-3 jam, selanjutnya keramas seperti biasa.  Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.

Dengan kikil

kikil atau kulit sapi/kerbau (jawa=krecek) yang basah dimasak model sambal goreng atau cara yang lain.  Gunakan sebagai camilan atau lauk makan.  Selain dapat mencegah timbulnya uban , kikil juga berkhasiat untuk memperkuat tulang dan mengencangkan kulit.

Dengan biji pepaya

Pepaya yang sudah masak dibelah.  Ambil bijinya sebanyak 2 sendok makan dan goreng sampai hangus.  Kemudian ditumbuk sampai halus.  Campur dengan minyak kelapa dan diaduk sampai merata ( Ingat , dengan minyak kelapa jangan dengan minyak sawit).  Oleskan pada rambut beruban, biarkan sekitar 2 jam.  Selanjtnya keramas biasa memakai sampo.  Lakukan sekurang-kurangnya seminggu sekali.

Dengan daun rambutan

Caranya sama seperti dengan biji pepaya.  Daun rambutan 10-20 lembar dibakar sampai hangus kemudian ditumbuk sampai halus.  Setelah itu ditampung dalam gelas lalu diberi sedikit air lalu dioles merata pada rambut beruban.  Diamkan selama 2 jam lalu keramas seperti biasa.  Lakukan paling tidak 1 kali seminggu.

Dengan daun mangkokan

Siapkan minyak kelapa 1/2 liter ( bukan minyak sawit) , ambil 15-20 helai daun mangkokan yang muda atau tidak terlalu tua.  Iris tipis-tipis lalu goreng dalam 1/2 liter minyak tadi, usahakan jangan sampai gosong.  Angkat daun dan minyak didinginkan selanjutnya disaring.  Oleskan minyak bekas menggoreng pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.  Diamkan selama 1 jam setelah itu keramas seperti biasa.

Dengan kelapa hijau

Air kelapa hijau dicampur dengan santan kelapa muda lalu tambah dengan sedikit garam, embunkan air itu selama semalam lalu paginya gunakan sebagai bahan keramas.  Lakukan selama 7 hari berturut-turut.

MENGATASI KETOMBE

Dengan daun seledri

Ambil daun seledri 5 helai, daun kangkung 5 batang, garam dapur 1 sendok teh, air bersih 1 gelas.  Seledri, kangkung, garam dijadikan satu lalu ditumbuk sampai halus.  Masukkan dalam segelas air lalu disaring.  Keramaslah dengan ramuan ini.  Diamkan selama 30 menit lalu keramas seperti biasa.  Lakukan rutin sampai ketombe jablas.

Dengan jeruk nipis

Satu butir jeruk nipis dan airnya dioleskan padakepala yang berketombe.  Biarkan selama20-30 menit kemudian dikeramasi seperti biasa.  Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.

Dengan nanas

@Buah nanas dibelah menjadi dua.  Ambil separuhnya kemudian digosok-gosokkan pada kulit kepala yang berketombe selama lima menit, kemudian biarkan beberapa saat, lalu keramas seperti biasa.

@Buah nanas muda diparut lalu disaring, diamkan airnya selama 2 jam setelah itu gunakan untuk keramas

Dengan daun pandan

Ambil 10 lembar daun pandan wangi lalu tumbuk sampai halus dan beri air bersih 2 gelas lalu saringlah.  Air saringan ini digunakan untuk keramas.  Diamkan selama 15 menit  kemudian dicuci dengan air bersih.  Lakukan dengan rutin niscaya ketombe akan sirna.

Dengan jerami

Seikat jerami padi (merang) dibakar, setelah dibakar hingga merata lalu beri dengan 1 gayung air bersih lalu diamkan selama sehari semalam, pagi harinya gunakan air yang bercampur bakaran jerami padi itu untuk keramas.

Dengan santan kelapa, nanas dn jeruk nipis

1/2 cangkir santan kelapa, 1 cangkir air parutan nanas dan 1 cangkir jeruk nipis dicampur menjadi satu kemudian keramas dengan bahan tersebut, setelah itu cuci dengan menggunakan air biasa.

MENGATASI KERONTOKAN

Dengan daun kapuk

Ambil 2 genggam daun kapuk randu.  Rebus sampai mendidih.  Hasil rebusan diembunkan di tempat terbuka selama semalam.  Pagi harinya air itu digosok-gosokkan pada kulit kepala.  Biarkan beberapa saat kemudian dikeramasi.  Lakukan setiap hari.

Dengan kecambah kacang hijau

Jika rambut mengalami kerontokan, makanlah secara teratur kecambah kacang hijau atau kecambah kedelai setiap hari sebagai lalapan.  Lebih baik bila kecambah dikonsumsi dalam keadaan segar atau mentah.  Lakukan lalap kecambah ini selama 2 bulan

Dengan biji kemiri

Biji kemiri ditumbuk sampai halus kemudian diberi air.  Setelah itu direbus sampai mengeluarkan minyak.  Minyak kemiri inilah yang digosokkan  pada kulit kepala, biarkan meresap pada pori-pori kulit kepala.  Lakukan 3 kali seminggu.

Dengan lidah buaya

Inilah rajanya tanaman perawatan rambut.  Ambil satu daun lidah buaya yang sudah cukup tua, lalu ambil dagingnya dan usap-usapkan pada kulit kepala.  Biarakan selama 10-15 menit setelah itu baru dikeramasi seperti biasa.  Lakukan dengan rutin.

UNTUK RAMBUT TIPIS

Keramas menggunakan air kelapa 1/2 tua (tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda) secara rutin sehingga rambut lama-kelamaan akan tumbuh subur kembali.

UNTUK RAMBUT BOTAK

Memang cukup sulit untuk mengatasi rambut yang sudah telanjur botak apalagi bila sudah tidak terdapat kulit ari tempat menempelnya rambut (kulit kepala licin berkilau), namun dengan bahan ini mudah-mudahan bisa membantu.  Ambil telur udang (bisa dicari di pasar tradisional) kemudian gosok-gosokkan pada kulit kepala, sambil dipijat-pijat.  Diamkan selama semalan lalu keesokan harinya keramas seperti biasa, lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

AGAR RAMBUT MUDAH DIATUR

Dengan madu

Ramuan dengan madu ini tidak hanya mengatasi rambut yang tidak mudah diatur aja tetapi juga sekaligus untuk mengatasi rambut yang kasar dan kusam.  Berikut caranya, ambil madu secukupnya lalu oleskan merata pada rambut sambil dipijat-pijat.  Biarkan kira-kira 2 jam lalu keramas biasa dengan sampoo dan bilas sampai bersih.  Perawatan ini cukup dilakukan seminggu sekali. Tunggu hasilnya, rambut akan mudah diatur sekaligus lembut dan berkilau.

MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT

Hari gini miara kutu rambut??? Nggak banget deh.  Namun jika kamu masih mengalaminya gak perlu malu, cara ini boleh dicoba.  Ambil 10 biji bawag merah, cuci bersih dan parut.  Setelah itu bungkus bawang yang sudah diparut dengan kain dan ikat yang kuat membentuk bulatan.  Selanjutnya usapkan bulatan bawang merah berbungkus kain itu secara merata pada rambut.  Setelah semua bagian rambut  rata terkena usapan parutan bawang merah, bungkus rmbut dengan handuk selama semalam dan pada pagi harinya keramaslah hingga 3 kali.  Semoga peliharaan yang tidak diinginkan segera lenyap dari rambut kamu.  Pengulangan keramas hingga 3 kali dimaksudkan untuk menghilangkan bau bawang merah dan juga sekaligus membersihkan dari kutu rambut yang sudah mati bersama telur-telurnya.

MENEBALKAN ALIS

Alis juga merupakan bagian dari rambut yang juga perlu kita beri perawatan.  Jika memang tipis dan bentuknya kurang menarik, jangan buru-buru dicukur lalu dibentuk dengan pensil alis.  Kita bisa membuatnya menjadi lebih tebal dengan sedikit usaha yang akan menghasilkan alis yang aduhai.

Dengan cengkih

Ambil 15 -20 biji cengkih lalu goreng tanpa memakai minyak (disangrai) hingga hangus benar alias gosong.  Tumbuk cengkih hingga halus lalu masukkan ke dalam botol kecil.  Cara pemakaian yaitu dengan memakai cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam air, setelah itu masukkan ke dalam botol yang berisi bubuk cengkih tadi hingga menempel pada kapas cotton bud.  Selanjutnya oleskan merata pada alis sesuai bentuk yng dikehendaki.  Lakukan rutin menjelang tidur maka alis akan tebal dan bagus.

About these ads

71 Tanggapan so far »

  1. 1

    heppyaja said,

    terus gimana?? belum jelas nie.

  2. 2

    sumbertips said,

    sorry banget, kepotong di tengah jalan. Dah diperbaikin kok

  3. 3

    mala said,

    hm… kao rambut saya udah parah neh rontok nya apa masih bisa YACH??
    padahal udah di pendfekin sekarang malah keliatanpitak gitu… rada malu neh…

  4. 6

    ita desi said,

    trus klo rambut yang kluar2,klo kena angin sering ngembang tapi gak mau balik lagi tu gmn ya biar bisa gampang diatur trus gak kluar2 lagi???

  5. 7

    sumbertips said,

    buat yang dah parah bener rontoknya dan coba 4 bahan yang udah ada belum berhasil, coba deh tiap 2 hari sekali sebelum keramas dioles dan digosok-gosok dengan telur udang atau telur ikan terutama ikan laut(dapat dicari di pasar tradisional) diamkan kira-kira 1 jam setelah itu dikeramasi seperti biasa. Cara ini banyak yang tidak suka alias ogah karena gak tahan dengan bau amisnya.

  6. 8

    sumbertips said,

    coba deh mbak ita nanti saya cari solusinya,kalau saya jawab asal-asalan dan gak ada dasarnya nanti malah rambut mbak rusak lagi

  7. 9

    bunda said,

    Selamat Pagi

    Klo boleh saya urun pendapat disini, untuk rambut yang susah diatur, keluar-keluar dan gak bisa rapi bisa dibantu dengan kangkung. Caranya begini, rebus kangkung hingga matang, kemudian airnya didinginkan, air rebusan kangkung tadi kemudian di bilaskan ke rambut, kemudian biarkan kering, dan dibilas dengan air bersih. Insya Allah, rambut akan terasa lembut dan gak keluar-keluar lagi. Selamat mencoba.

  8. 10

    sumbertips said,

    Makasih bgt bunda sumbangan tipsnya,nah mba ita tengok lagi deh posting terakhir udah aku masukin tips sesuai problem mba ita

  9. 11

    Chindy said,

    Kalo untuk memanjangkan rambut yang cepat gmn?

  10. 12

    sumbertips said,

    Waduh,susah juga njawabnya mbak chindy.Karena tergantung banyak faktor seperti keturunan,hormon dan juga makanan yang kita konsumsi serta ramuan yg dioles.Sementara ini yg saya tau paling cepat menumbuhkan rambut ya pake telur udang

  11. 13

    vivin said,

    seperti pengalaman teman-teman semua, saya juga memiliki pengalaman yang ga begitu baik dengan rambut. rambut ku, panjang tapi tipis, sekarang malah sering rontok, udah beberapa kali nyoba beberapa tips dari lidah buaya, teh, tonik tapi ga mujarab.

    beberapa masukkan dari teman2 dekat ku rambut rontok di sebabkan karena stress dan kurang istirahat malam. kalau di pikir-pikir mungkin benar ya…..

    kalau menurut teman2 gimana……???

  12. 14

    yanti said,

    selamat malam..

    gimana neh ya..
    dulu rambutku katanya org2 bagus tp gk tau akir2 neh seperti pecah2 gt
    dan kasar banget dan lepek.

    padahal saya mencoba banyak untuk rambut saya bagus tp hasilnya gak ad sprti lidah buaya,masker makarizo

    gmn ya mbak supanya rambut saya jd lurus,gak kasar lg,dan indah ya mbak

  13. 15

    sumbertips said,

    Dah coba pakai madu ato kemiri belum?

  14. 16

    Abbie said,

    Kalo muda dah keluar uban, cara obatnya gimana

  15. 17

    Devi said,

    Wkt kcl rambut qu alus n lmbut dan gk keriting
    Skrg rambut qu jd kasar dan b’ombak gk jelas,malah ngarah jd kiting
    Sebel!
    Pdhl aq dh pke shampo dove plus conditioner yg katany aman dpake tiap hr,
    Trus d maskerin jg tiap 2 minggu
    tp rambut qu kug gitu2 aja ya..??

    • 18

      deviana said,

      bwt devi, problemnya persis bgt sma aku wktu kcil rmbut ku lurus tebal n berkilau skrg jb brombak g jlas kering kusem n mulai rontok n smpoo ku jg pke dove n cndtionernya. aku jg udh nyba pke minyak klapa n lidah buaya untk bbrp bulan tp hasilnya g ad. ad yg pnya tips lain g bwt mngtasi rambut bandel kya gne??

  16. 19

    troy said,

    gimana cara menghitam kan alis dgn permanen….?

  17. 20

    cumi said,

    aku punya kutu di rambut, trus gimana cara ngilangainnya???

  18. 21

    dina said,

    makacih ya ne tips penting banget buat aku…………

  19. 22

    febri said,

    kalo rambut tipis pake air kelapanya apa pake santennya?
    keramasnya seminggu berapa kali?

  20. 23

    Putri said,

    Gmana cranya ngilangin kutu slaen pke bawang ?

  21. 24

    Darma said,

    Pakek wig aja mbak biar gak keliatan kribonya

  22. 25

    Karin said,

    rambut Q tebel tapi ikal..,susah diatur lg..,gmn caranya supaya rambut Q ga tebel lg..?

  23. 26

    amy awww said,

    makasih banyak tips menghilangkan kutunya..

  24. 27

    eri said,

    gimana cara meluruskan rambut tanpa ribonding?

  25. 28

    kesya said,

    gimana atsai rambut yang susah diatur???karna uda tiap saat keramas pke vitamin rambut akhirnya membut rambut jadi kembang gt.

  26. 29

    Puloe wehku said,

    Utk rambut botak pake kaminomoto tapi mahal 350rb 1 botol

  27. 30

    nur said,

    pa benar ya.. tips yang ada di atas itu manjur? soalnya aku agak tertarik juga!
    aku tertarik dgn tips untk rambut mudah di atur.tips ini penting banget bwt Q …..
    5 kasih……………………

  28. 31

    RICA ARISCA said,

    Gmn y cranya menatasi rambut agar terlihat subur danercahaya,,,,,,,,,,

  29. 32

    jihan said,

    makassiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhh yaaaaaaaaaaaaaaaa !!!!!!!!!!! :) :) :) :) :)

  30. 33

    ara said,

    saya punya rambut gergelombang aga susah diatur dan lumayan sehat tadinya, tapi saya beberapa tahun belakangan ini saya lebih memperhatikan penampilan rambut saya tetapi mungkin salah caranya jadinya rambut saya jadi kering bgt dan susah bgt diaturnya saya jadi bingung gimana caranya biar rambut saya menjadi sehat kembali gak kering lagi? saya sudah mencoba lotion rambut dari salon langganan saya tapi hampir gak ada perbedaannya tolong bantu saya ya saya sudah gak tau bagaimana memperbaikinya nih

  31. 34

    FEBRINA said,

    MBAK
    maaf
    boleh minta artikelnya?

  32. 35

    Nona said,

    tolongin aku dong…pengen alisnya lebih tebak, cuz tipis banget nih…alain pake cengkih pake apa lagi? itu dijamin tumbuh kan alisnya? rambut aku juga tipis lagi huhu

  33. 36

    ni made indari dwi ekasari said,

    begini, sya bermasalah sm rmbut sya,, rmbut sy kering,rontok dan susah diatur. gmn crany??agar lbih baik?

  34. 37

    Vitry Rizqi said,

    Gmn sih biar ngilang’in kutu d kpla q??Kta org2 pke mnyk tnah,mca c…Q hrz gmn dnk cz q malu nch,

  35. 38

    amie said,

    ich…aq Punha mSlh nich….q penent nEbelint bulu mata n lentikin secara alami Gmna y Cranya???

  36. 39

    rianti said,

    utk kutu rambut,klo pke bwg mrh bs mmbuat rmbut r0ntok g???

  37. 40

    sarah said,

    saya memiliki rambut panjang hampir semata kaki (mmng ngga mo dipanjangi lagi ntar jd penyapu bumi), mungkin karna faktor keturunan, biarpun dipakein minyak kemiri, santan kelapa dll tetap tdk mau hitam. cuma ngga mslh bg saya dgn rambut yg agak kekuningan jdnya rada unik rambutku dibng rambut jagung. tips dari saya (alhmdlilah klo kepake) supaya ngga kusut : rambut sebaiknya disisir pd waktu mandi keramas stlah pake sampo/kondisioner, caranya nyisirnya disisir mulai dari bawah/ ujung rambut. selain merawat secara alami, dipasaran jg byk dijual minyak cem ceman, minyak rambut khusus perawatan rambut. bisa juga dicoba.mksh

    • 41

      indra said,

      wah mbak sarah tolong donk share foto atau video rambut panjang semata kakinya soalnya aq suka bgtz wanita punya rambut panjang apalagi panjang semata kaki kayak mbak sarah,cpt bales mbak sarah,makasih,,,,,

  38. 42

    Akrie said,

    Aslm.Wr.Wb.
    Gmn seh caranya tuk balikin rambut lurus q wkt dlu? Cz sjak lhr mpe kelas 2 SMP Rambut q lurus n wkt kelas 3 mpe skrng rambut q jd kriting. Awal x seh cuma dbagian depan pas di ubun2, lalu mrambat kesamping, n stlh dibotak abiz, rambut q jd kriting smua. Thx . . .

  39. 43

    nadia citra said,

    saya memiliki telur kutu yang cukup banyak . bagaimana sih cara nya supaya hilang karena telur kutu itu sgt susah skli utk d hilangkan . tlg ya beri tau . cara nya . mksih

  40. 44

    We2nx said,

    La klo botaknya tuch kyak dedi corbuzer gmana caranya bear tumbuh rambut lge?truz kra2 waktu yg dibutuhkan lama g?

  41. 45

    ALEA said,

    moga2 za ya tips nya bener2 manjurrrrrrrrrrrrrrrrr

    amiennnnnnnnnnnnnnn…………..

    ya robbal alamin

  42. 46

    Jedi romanda said,

    Telur ikan nya di oleskan mentah mentah kah…?

  43. 47

    Apollo said,

    WOOOW DAPET REKOR DONK, GMN SICH CARA MANJANGIN AMPE SEMATA KAKI

  44. 48

    hagiezzz said,

    kalo rambut beruban cara mengatasinya yang paling mudah adalah dengan menggunakan air teh yang sudah basi
    di olesin setiap pagi 1x

  45. 49

    @lYy said,

    Selamat Pagi,

    Aku mau bilang nih………………. gimana sih caranya menhilangkan ketombe dengan cepat??????????????????

  46. 50

    galuh rosmaniar said,

    Saya punya masalah ma rambut saya yang super rusak gara2 sering d Rebonding..
    rammbut saya tebal n keriting,rontok,kasar dan susah d atur.
    berbagai macam kondisioner uda aku coba n ga ada perubahan.
    mohon solusinya.. Tq

  47. 51

    Reef said,

    Aku dh mulai ubanan sjak sekolah SMP.tpi cma satu2 dan ngk bnya.kt orang krna minyk rmbt merk Brisk,udh aku cabuti tpi te2p tmbh,gmana nich cranya ?aku gk PD dng rmbut q.skrg umurq 24thun

  48. 52

    vera said,

    rambut saya rontok parah dan sekarang sangat tipis sekali padahal dulu lumayan tebal,bagaimana cara menebalkan kembali dan mengatasi kerontokan tersebut?????

  49. 54

    novi said,

    gmnha sich cara na biar rambut gx rontok n mudah d atur

  50. 55

    JESSI said,

    Makasih bnget ya tips nya,berguna bnget nih!

  51. 56

    dina esranika said,

    gimana yah caranya supaya rambut tidask berubanan tapi setiap hari uban yang ada di rambut saya selalu saya cabut apa berpengaruh kalo dicabut terus

  52. 57

    sheriin said,

    gimana ya ngilangin rambut kasar yang keluar2? apa lagi stiap abis keramas,uihh banyak bgt. padahal dulu rmbtku lembut.
    tolongin yaaa….

  53. 58

    Juki said,

    Lay iyak cakep2 pitak yah cakepnya 1/2 dah

  54. 59

    tya said,

    terus cara bikin kulit putih en alus gemanah??? bikin dong tips na…

  55. 60

    Neni said,

    wah, tips rontok dengan makan kecambah kacang hijau/kedelai… aq mau coba, semoga sukses hehe.. rambutku dah rontok dari lama, cape juga pake macem2 ga berhasil… thanks buat tipsnya..

    ** visit http://m.rujakasik.com **

  56. 61

    Obed said,

    Waah,, sungguh mulia sekali Anda,,
    Sampai semua perawatan dan tips yang anda berikan itu menurut saya adalah tips yang seharusnya anda jual,, karena semua tips yang anda berikan benar-benar mudah dijalani dan pastinya dengan biaya yang sangat murah.,.
    Terimakasih yang sepenuh-penuhnya.,.
    (Umur saya 20 th, tapi rambut saya mulai rontok dan saya takut lama kelamaan rambut saya habis dan akhirnya rontok, tapi setelah saya baca tips dari anda, saya optimis sekali bisa menumbuhkan rambut saya lagi,, kebeneran papa saya botak, jadi menurut saya, meskipun saya keturunan orang botak, tapi saya optimis kalau saya bisa mengatasinya dengan tips anda).,.
    Terimakasih.,.

  57. 62

    vha said,

    klo nglngin tlur ktu na gmn?

  58. 63

    Leyna said,

    Haiiiyy :)
    Buat yg mo nebelin alis, bisa koq pake kemiri az.
    Cara’y ambil kemiri secukup’y,, Truz di bakar dehh sampai seperti arang..
    Tapi hati2 iaa ngebakar’y cz kemiri’y suka jadi bola sepak takraw..
    So, Be carefully guys..
    Good luck *-*

  59. 64

    hanifah said,

    gue punya masalah rambut nih…
    gue tuh dulu punya kutu, n udah diilangin pake peditox, n pas rambut gw mau panjang, gue baru nyadar kalo ternyata sisa telur kutu yg banyak itu ga ilang, n ga bisa di ambil satu2, coz bnyak bgtz, gue jadi PANIIKKK BANGETTT!!!!!
    PLEASE KASIH TIPS DUND BUAT NGILANGIN SISA TELUR KUTU INI TANPA DIBOTAKIN…..

  60. 65

    shipot said,

    eummmh appph gx panas gito pake bawang merah
    gx akn jadi rontok gito

  61. 66

    sasti said,

    buat rambut tipis yang keramas pake air kelapa 1/2 tua gimana caranya ya?jelasin dong kita keramas biasa dulu trus baru dipakein air kelapa atau keramasnya pake air kelapa(sebagai pengganti air bersih). kira2 butuh berapa kelapa untuk sekali keramas, dan seberapa sering kita keramas pake air kelapa?

    makasih

  62. 67

    Yuli said,

    Kalo resep untuk meluruskan rambut ada ndak tuh yang secara tradisional???

  63. 68

    madi said,

    mantep bgt infonya… makasih

  64. 69

    yunny said,

    sy pumya rambut yang susah di atur niiiiiiiiiiiiiii
    trus gmn donk solusinya……………….
    mohon di balas

  65. 70

    Arimbi said,

    gimana cara rambut bisa cepet panjang,gak usah pake aneh aneh cukup caranya aja

  66. 71

    salsa aja said,

    aduhh,…… bahannya banya yg enggak ada yg ada cuman bawang merah sama parutan aja bikin pusing aja :( :)


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: